Kisi-kisi
Ujian Nasional untuk jenjang SD/MI tahun 2013 telah disosialisasikan kepada
guru dan siswa di wilayah Indonesia dan sekolah Indonesia di Luar Negeri. Kalau
menyimak substansi dari kisi-kisi UN 2013 untuk Sekolah Dasar / Madrasah
Ibtidaiyah tampaknya tidak (terlalu) berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
Mungkin atas dasar itulah kenapa Pemerintah berencana memakai kisi-kisi UN 2013
untuk Ujian Nasional selama tiga tahun (2013, 2014, dan tahun 2015). Sebagai
bahan masukan tentunya panitia harus mempertimbangkannya juga nantinya
perubahan yang dilakukan dalam kurikulum baru yang akan mulai ditetapkan mulai
tahun 2013. Materi penting soal Bahasa Indonesia UN SD / MI secara umum dibagi
2 (dua) bagian yakni materi membaca dan materi menulis. Materi
membaca mengujikan kompetensi seperti membaca berbagai teks bukan sastra berupa
naskah sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna
kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng,
cerita anak, dan drama anak. Sedangkan materi menulis kompetensinya berkisar
soal cara bagaimana mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir,
teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata
yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi,
parafrase, dan pantun. Berikut kami sampaikan penjelasannya :
DESKRIPSI
Materi :
Membaca
Kompetensi
Membaca
berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk
pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya
sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak.
Indikator
Disajikan
teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat: • menjawab pertanyaan dengan kata
tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa) • membuat kalimat tanya sesuai
dengan isi salah satu paragraf • menentukan ide pokok salah satu paragraf •
menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
Disajikan
petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan
tingkatan umur.
Disajikan
petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan dengan
susunan yang tepat.
Disajikan
rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.
Disajikan
cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.
Disajikan
teks drama, siswa dapat: • menentukan tokoh utama • menentukan latar •
menentukan amanatnya.
Disajikan
paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.
Disajikan
teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat:
• menyusun
pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf • mengartikan salah satu kata sulit
dalam kalimat. • Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam
paragraf. Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi yang
disajikan. Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang
disajikan.
Disajikan
pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan
dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya
Disajikan
jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai jurusan, siswa dapat: • membuat
pernyataan sesuai dengan isi jadwal • menentukan kendaraan tertentu yang tepat
sesuai dengan tujuan
Disajikan puisi,
siswa dapat menentukan isi/ maksud yang terkandung di dalamnya.
Disajikan
cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan
cuplikan laporan, siswa dapat: • menentukan isinya • memperbaiki kalimat yang
salah strukturnya.
Disajikan
percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya.
Disajikan
teks satu paragraf, siswa dapat: • menentukan ringkasannya • menentukan temanya
• menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan
teks puisi pendek, siswa dapat: • menentukan pernyataan sesuai dengan isi puisi
• menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
Materi :
Menulis
Kompetensi
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk
pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan
ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan
pantun.
Indikator
Disajikan
petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga
menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
• Disajikan
empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga
menjadi paragraf yang padu. • Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat
menggabungkan dengan kata hubung yang tepat. • Disajikan kalimat rumpang, siswa
dapat melengkapi dengan kata hubung yang tepat penulisan.
Disajikan
surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan
kalimat efektif yang tepat.
Siswa dapat
menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan.
Disajikan
cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan pilihan
kata yang tepat.
Disajikan
dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang tepat.
Disajikan
formulir dan ilustasi, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan ilustrasi
yang disajikan.
Disajikan
teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat: • melengkapi dengan kalimat ajakan
yang tepat • memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
Disajikan
surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat
memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
Disajikan
cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang salah.
Disajikan
laporan yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.
Disajikan
sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang
tepat.
Disajikan
gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud
gambar.
Disajikan
paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Demikian
gambaran umum Kisi-kisi
Bahasa Indonesia UN SD 2013, semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar